KAMU WANITA? WASPADA INFEKSI SALURAN KEMIH

by - Oktober 08, 2019


Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan penyakit yang tidak dapat diabaikan. Terlebih penyakit ini akan mudah terserang oleh kaum wanita. Karena Infeksi Saluran Kemih cenderung terjadi pada Uretra, dimana uretra merupakan saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkar luar tubuh. Uretra pada wanita cenderung lebih pendek dan berada dekat dengan anus. Sehingga hal ini akan menyebabkan bakteri yang berada di anus/vagina bisa mudah masuk ke kandung kemih.

Tidak hanya itu saja, faktor lainnya yang menyebabkan Infeksi Saluran Kemih terjadi adalah  karena tidak membasuh area vagina dengan bersih. Sebaiknya bersihkan area vagina dengan cara membilas dari arah depan kebelakang. Selain itu berhubungan intim dengan pasangan juga dapat menyebabkan terjadinya penyakit Infeksi Saluran Kemih, jika setelah berhubungan tidak membersihkan area genital infeksi salurah kemih akan mudah terjangkit. Kecenderungan untuk tidak sering mengganti pakaian dalam, juga dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Karena bakteri bisa saja berkembang pada kelembaban pakaian dalam dan kebersihannya.

Infeksi Saluran Kemih juga sangat beresiko jika dialami oleh wanita hamil. Karena saluran kemih tepat berada dibawah rahim. Semakin membesar usia kehamilan, maka akan menyebabkan kekosongan urine dari kandung kemih dan akan menyebabkan infeksi.

Berikut grafis yang akan menjelaskan apa saja yang menjadi gejala terjadinya Infeksi Saluran Kemih (menurut American Pregnancy Association) dan bagaimana cara mengatasinya:


Jika infeksi ini tidak segera diatasi, maka akan menyebabkan gangguan pada ginjal atau akan terjadi urosepsis, dimana kondisi ketika bakteri menyebar ke darah. Sehingga akan menyebabkan tekanan di darah turun, hingga terjadi syok sampai kematian.

Jadi jika kamu mengalamin gejala diatas segera periksakan diri ke dokter dan lakukan penanganan yang tepat dan cepat untuk proses penyembuhan dan pengobatan. Serta jika kamu belum mengalaminya, jangan lupa untuk melakukan pencegahan dan menjaga bagian genital tetap sehat dan bersih.



You May Also Like

2 komentar

  1. Memang soal kesehatan harus diperhatikan benar ya supaya bisa terus aktif sampai tua nanti gak terhambat dengan penyakit :D

    Regards,
    Dee Rahma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba.. mesti dijaga dari sekarang ya mba 😍

      Hapus