BISA MAKAN CAKE TAPI NO GENDUT. SIAPA TAKUT !!!

by - September 29, 2019


Kamu termasuk penggemar beratnya "cake family", "bread lovers" dan semua makanan sejenis. Tentunya banyak yang menyukai makanan jenis ini, dari segi rasa yang manis, penampilan yang eksotis, dan mood  booster yang cukup efektif. 

Hampir di banyak tempat nongkrong yang up to date kita bisa menjumpai berbagai jenis  cake dan bread yang bisa menjadi teman pendamping kopi, teh, squash , atau minuman jenis lain. Bahkan cake ataupun bread  juga bisa menjadi menu pembuka atau dessert favorit.

Tidak hanya di tempat-tempat nongkrong atau cafe modern, kita juga bisa temukan makanan sejenis cake atau bread  di pasar-pasar tradisional atau ditempat lainnya. 

Baik diolah secara modern maupun secara tradisional, banyak jenis cake atau bread yang diolah dengan menggunakan Tepung Terigu, Tepung Beras, atau berbagai Tepung yang mengandung Gluten.

Gluten menurut Wikipedia adalah campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandumgandum hitam, dan jelai. Dari ketiganya, gandumlah yang paling tinggi kandungan glutennya. Kandungan gluten dapat mencapai 80% dari total protein dalam tepung, dan terdiri dari protein gliadin dan glutenin

Intinya mah.. gluten itu banyak terkandung dalam tepung, karena sebagian bahan dasar tepung berasal dari gandum atau biji-bijian yang diolah.

Tapi gluten tidak terlalu berpengaruh negatif terhadap tubuh, karena bagaimanapun juga tubuh kita  membutuhkan protein. Hanya saja protein yang terkandung dalam gluten bisa digantikan dengan jenis protein lainnya, seperti telur, kacang-kacangan, dan berbagai sumber protein lain.

Dewasa ini, banyak orang yang mulai menerapkan diet gluten free, untuk mengurangi konsumsi gluten dalam tubuh. Meskipun gluten memiliki manfaat untuk tubuh, tapi tubuh kita tentu boleh dong untuk mengurangi gluten dan yang manis-manis paling tidak beberapa hari dalam seminggu.  Jika sukses beberapa hari, kamu bisa perlahan-lahan menerapkannya menjadi keseharian kamu. Yang nantinya ini juga akan berdampak positif bagi tubuh.


Lalu bagaimana caranya, bisa makan cake, bread atau sejenisnya tapi bebas gluten? Tentu kamu masih bisa, dengan mengganti tepung yang mengandung gluten dengan tepung free gluten salah satunya adalah dengan menggunakan tepung tapioka.

Tepung tapioka adalah tepung yang berasal dari umbi akar singkong. Tepung ini sering digunakan untuk perekat atau pengental makanan. Tepung tapioka mengandung pati yang bisa meningkatkan sensitivitas insulin sehingga bisa mengurangi kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan.



Selain tepung tapioka, kamu juga bisa mengolah cake dengan menggunakan Jelly seperti Nutrij*l. Kandungan gelatin yang terdapat pada jelly atau agar-agar mengandung protein dan serat rumput laut. Tentu ini juga bagus untuk tubuh.

Jadi kamu tetap bisa makan cake, bread, atau sejenisnya. Tanpa harus takut berat badan naik. 


Waw !!! haha.. 😍

Berikut lizalub mau berbagi resep pilihan yang bisa kamu coba di rumah, bisa makan cake tapi bebas gluten siapa takut !!!


BOLU PANDAN





  • 4 Butir Telur
  • 1 Sdt SP / TBM
  • 3 Bungkus Gula Tropicana Slim Diabtx
  • 15 Sdm Tepung Tapioka
  • 100 gr Margarin Leleh
  • 1/2 Sdt Pasta Pandan
  • Keju atau Seres sebagai Taburan
*bisa di oven atau kukus

BOLU COKELAT NUTRIJ*L


  • 3 Butir Telur
  • 1 Bungkus Nutrij*l Cokelat
  • 2 Bungkus Gula Stevia
  • Keju untuk isian dan toping
  • 5 Sdm Minyak Makan
*Kukus

Kamu punya resep cake atau bread dari tepung tapioka atau jelly?
Sharing di komen ya~ 😊











You May Also Like

2 komentar

  1. Ide bagus itu kak ganti ke nutrijel, selain mengurangi tepung juga bisa melancarkan pencernaan karna dia mengandung serat.

    BalasHapus
  2. Iya bener banget.. kamu udah cobain? Enak juga kan cake dari nutrijel?

    BalasHapus